Pengertian E-Busines
E-bisnis (Inggris: Electronic
Business, atau "E-business") adalah kegiatan bisnis yang dilakukan
secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem
informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner.
Model
e-Business
Adapun
model – model E- business dapat dikategorikan menjadi Sembilan Model bisnis
yaitu :
1.
Virtual
Storefront, yang menjual produk fisik atau jasa secara online, sedangkan
pengirimannya menggunakan sarana – sarana tradisional. seperti jasa
posdan kurir.
2.
Marketplace
Concentrator, yaitu yang memusatkan mengenai informasi produk dan jasa dari beberapa
produsen pada satu titik sentral. Pembeli dapat mencari, membanding –
bandingkan dan kadangkala juga melakukan transaksi pembelian.
3.
Information
Brokerme, yaitu menyediakan informasi mengenai produk, harga
dan ketersediaannya dan terkadang menyediakan fasilitas transaksi. Namun
nilai utamanya adalah informasi yang disediakan.
4.
Transaction
Broker, yaitu pembeli dapat mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian, namun
aktifitas bisnis utamanya adalah memfasilitasi transaksi.
5.
Electronic
Clearinghouses, yaitu menyediakan suasana seperti tempat lelang produk,
dimana harga dan ketersediaan selalu berubah tergantung pada reaksi
konsumen.
6.
Reverse
auction, yaitu konsumen mengajukan tawaran kepada berbagai penjual untuk membeli
barang atau jasa dengan harga yang disfesifikasi oleh pembeli.
7.
Digital
Product Delivery, yaitu menjual dan mengirim perangkat lunak, multimedia,
dan produk digital lainnya lewat internet
8.
Content
Provider, yaitu yang memperoleh pendapatan melalui penyediaan kontan.
Jenis
E-Business Karakteristik
Ø
B2C
(Business to Customer)
·
Antar
organisasi dan perorangan
·
Nilai
uang yang dilibatkan lebih kecil
·
Transaksi
satu waktu (tidak sering terjadi)
·
Secara
relatif sederhana
Ø
B2B
(Business to Business),
Ø
B2G
(Business to Government), serta
Ø
B2E
(Business to Education) • Antar – Organisasi
·
Nilai
uang yang dilibatkan lebih besar
·
Hubungan
yang kuat dan berkelanjutan
·
Pemberian
kredit oleh penjual ke pelanggan
·
Lebih
kompleks
4
(Empat)
Faktor-Faktor keberhasilan E-Business
1.
E-business
dan strategi organisasi. Nilai strategis untuk melakukan implementasu
e-business tergantung pada tingkat sejauh mana proses tersebut dapat
membantu organisasi mengimplementasikan dan mencapai strategi keseluruhan.
2.
Pembeli
dan Inbound Logistic. Internet dapat meningkatkan aktifitas pembeli dengan
cara mempermudah perusahaan mengidentifikasi calon pemasok dan
membandingkan harga. Data mengenai pembelian yang dilakukan sub unit
organisasi yang berbeda dapat disentralisasikan, sehingga memungkinkan
organisasi untuk menetapkan pembelian total diseluruh dunia atas berbagai
produk.
3.
Operasi
internal, sumber daya manusia, dan infrastuktur. Teknologi komunikasi tingkat
lanjut dapat secara signifikan meningkatkan effisiensi operasi
internal. Peningkatan akses ke informasi juga dapat secara signifikan
meningkatkan perencanaan. Pada sumber daya manusia, aktifitas ini
mendukung untuk effisiensi dan efektifitas dalam aktifitas utama.
4.
Outbound
Logistic. Akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rinci tentang pengiriman
memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasi melalui cara pengiriman gabungan
ke para pelanggan yang dekat lokasinya satu dengan yang lainnya. Informasi yang lebih
tepat waktu tentang penjualan dapat membantu pabrik mengoptimalkan jumlah persediaan
yang ditanggungnya.
5.
Penjualan
dan Pemasaran. Perusahaan dapat menciptakan katalog elektronik di
Website mereka untuk mengotomatisasikan input pesanan penjualan. Kemampuan
ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat
mereka menginginkannya, tetapi juga dapat secara signifikan mengurangi
jumlah staf dengan cara meniadakan telepon, surat- menyurat atau
pengiriman faks.
6.
Pelayanan
dan dukungan Purnajual. E-business dapat secara signifikan meningkatkan
kualitas dukungan purnajual ke para pelanggan.
DAFTAR
PUSTAKA
http://okagn.wordpress.com/2009/12/16/catatan-kuliah-ksi-lanjut-1-peranan-internet-dalam-e-business/
http://arisoesman88.blogspot.com/2013/03/e-business-electronic-business.html
0 komentar:
Posting Komentar