Selasa, 08 Oktober 2013

tugas softskill SIM pertemuan ke 1


1)      
Apa definisi Informasi dan Kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajementnya ?

Jawaban : 
   
          Pengertian informasi atau definisi informasi adalah data yang diolah dan dibentuk menjadi lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Informasi merupakan pengumpulan dan pengolahan data untuk memberikan keterangan atau pengetahuan atau  Informasi adalah Salah satu bentuk sumber daya utama dalam suatu organisasi yang digunakan oleh manager untuk mengendalikan organisasi tersebut untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
            Setiap perusahaan membutuhkan informasi untuk mengembangkan manajemennya. Berikut informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan :
Ø  Pengaruh ekonomi internasional dan persaingan dunia 
Perusahaan sangat membutuhkan informasi ini karena dalam hal ini perusahaan  tidak lagi bersaingan hanya dalam negeri melainkan semua negara. Apabila perusahaan tidak mendapat informasi ini perusahaan tersebut bisa kalah bersaing dengan perusahan perusahan lain dari semua negara.
Ø  Kompleksitas teknologi 
Setiap perusahaan membutuhkan teknologi untuk memenuhi  operasi perusahaan tersebut. Karena dengan adanya teknologi perusahaan akan lebih mudah mengoperasikan kebutuhan perusahaan itu.
Ø  Batas waktu yang singkat 
Pada saat ini semua operasi perusahaan dilakukan dengan cepat. Dengan telefon perusahaan akan lebih cepat mendapat informasi untuk pengoperasian perusahaan.
Ø  Kendala kendala sosial.

Contoh Perusahaan PT.Yakul
·         Sistem kontrol tenaga penjualan.
·         Sinergi Aktivitas tenaga penjualan.
·         Kinerja tenaga penjualan.
·         Pengaturan keuangan dan akuntansi yang baik.
·         Pendistribusian Barang/Jasa beserta Kendala dan Tempat.
·         Pengaturan Sistem Manjemen yang baik.



Informasi Informasi lainnya seperti:
·         Laporan Harus Menonjolkan Informasi Terpenting.
·         Harus Seringkas Mungkin.
·         Harus disediakan Dukungan.
·         Sistem Pelaporan manajemen biasanya dalam transisi.
·         Setiap Laporan harus berformat keputusan.
·         Tersturktur untuk melaporkan suatu kinerja.

2)      Sebutkan dan jabarkan 5 bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajemen ?
Jawaban :
    Dalam mengembangkan manajemennya setiap perusahaan membutuhkan seorang manajemen atau manajer.  Agar perusahaan tersebut bisa berkembang seorang manajemen perlu mengelola perusahaan tersebut dengan beberapa sumber, yaitu :
·         Manusia
Manajer perlu memberi pengarahan kepada karyawannya  untuk pekerjaan karyawan tersebut. Selain itu manajer perlu memberi dukungan dan suasana yang nyaman supaya karyawan dapat bekerja semaksimal mungkin.
·         Material
Seorang manajer harus mengelola material yang di butuhkan perusahaan dengan benar supaya perusahaan itu dapat berkembang.
·         Mesin atau fasilitas perusahaan
Mesin atau fasilitas sangat dibutuhkan perusahaan supaya karyawan dapat lebih mudah mengoperasikan apa yang dibutuhkan perusahaan.
·         Keuangan
Seorang manajer mempunyai tugas mengatur pemasukan dan pengeluaran yang terjadi di perusahaan.
·         Informasi
Selain mengatur keuangan manajer jg membutuhkan informasi, baik itu informasi dari dalam perusahan maupun luar perusahaan.




3)      Element lingkungan adalah organisasi atau individual yang berada diluar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung dan tidak langsung pada perusahaan.
Sebut dan jelaskan element-element lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik ?

Jawaban :
  1. Variabel Sosial
    - Faktor demografik/demografis : seperti jumlah, komposisi, dan pertumbuhan penduduk suatu wilayah atau area.
    - Faktor gaya hidup : selera masyarakat, trend yang sedang digandrungi, dan lain sebagainya.
    - Faktor nilai sosial : adat-istiadat, norma yang berlaku, kebiasaan, dan lain-lain.

  1.  Variabel Ekonomi
    Berkaitan erat dengan indikator ekonomi yang bersifat umum mengukur tabungan, investasi, produktivitas, lapangan kerja, kegiatan pemerintah, transaksi perdagangan internasional, pendapatan, produk nasional dan lain sebagainya.

  1.  Variabel Politik
    Faktor-faktor yang terkait dengan kondisi atau iklim perpolitikan di suatu daerah.

  1.  Variabel Teknologi
    Kemajuan di bidang teknologi yang berubah-ubah dari waktu ke waktu yang terkadang sangat cepat sangat mempengaruhi dunia usaha. Perusahaan yang statis dan tidak mengikuti perkembangan teknologi cenderung tertinggal dibandingkan dengan perusahaan yang terus menerus melakukan adaptasi teknologi untuk membuat operasional usah menjadi lebih efektif dan efisien
    Elemen Lingkungan yang berhubungan dengan Perusahaan dalam hal ini Elektronik adalah sebagai berikut:
·         Internet
Dengan Menggunakan Internet sebuah perusahaan dapat mengetahui pangsa pasar modal,serta pengiriman, pendistribusian barang/jasa/sumber daya dapat dikelola dengan baik.
·         Telepon / Handphone
Dengan Telepon/Handphone dapat membuat sebuah perusahaan bisa saling terhubung dan sebagai media antar perusahaan satu dengan yang lain ataupun dengan konsumen.
·         Faximille/Telegram
Faximille/Telegram sebuah perusahaan dapat mengirimkan dan menerima informasi informasi terkait walaupun dengan proses yang terlampau lama setidaknya bisa menggantikan proses pengolahan data informasi secara manual.
·         Jaringan Komputer Kabel/Nirkabel
Jaringan Komputer dapat digunakan setiap perusahaan dengan konsumen ataupun dengan instansi tertentu untuk membuat sebuah kerjasama manajemen yang baik.

daftar pustaka:
http://ochiyosi.blogspot.com/2010/10/pengenalan-pada-manajemen-informasi.html)
(http://ochiyosi.blogspot.com/2010/10/pengenalan-pada-manajemen-informasi.html)
http://oktobagus.blogspot.com/




0 komentar:

Posting Komentar

 
;